Langsung ke konten utama

SYARAT DAN KETENTUAN

SYARAT DAN KETENTUAN

Terakhir diperbarui: 2022-07-08

1. Pendahuluan

Selamat datang di PETANI92 ("Perusahaan", "kami", "kami", "kami")!

Ketentuan Layanan ("Ketentuan", "Ketentuan Layanan") mengatur penggunaan anda atas website kami yang terletak di https://petani92.blogspot.com/ (bersama-sama atau secara individual "Service") dioperasikan oleh PETANI99.

Kebijakan Privasi kami juga mengatur penggunaan Layanan kami dan menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, menjaga, dan mengungkapkan informasi bahwa hasil dari penggunaan situs kami halaman web.

Perjanjian anda dengan kami mencakup Ketentuan dan Kebijakan Privasi ("Perjanjian"). Anda mengakui bahwa anda telah membaca dan memahami Perjanjian ini, dan setuju untuk terikat dari mereka.

Jika anda tidak setuju dengan (atau tidak memenuhi) Perjanjian, maka anda tidak dapat menggunakan Layanan ini, tapi silakan beritahu kami dengan mengirim email dengan begitu kita bisa mencoba untuk menemukan solusi. Ketentuan ini berlaku untuk semua pengunjung, pengguna dan orang lain yang ingin mengakses atau menggunakan Layanan.

2. Komunikasi

Dengan menggunakan Layanan kami, anda setuju untuk berlangganan newsletter, pemasaran dan bahan promosi dan informasi lain yang dapat kami kirim. Namun, anda dapat memilih untuk tidak menerima apapun, atau semua, dari komunikasi ini dari kami dengan mengikuti link unsubscribe atau dengan mengirim email pada .

3. Kontes, Undian dan Promosi

Setiap kontes, undian atau promosi lainnya (secara kolektif, "Promosi") dibuat tersedia melalui Layanan dapat diatur oleh aturan-aturan yang terpisah dari Ketentuan Layanan ini. Jika anda berpartisipasi dalam Promosi, tinjau aturan yang berlaku serta Kebijakan Privasi kami. Jika aturan untuk Promosi bertentangan dengan Ketentuan Layanan ini, ketentuan Promosi berlaku.

4 . Kandungan

Layanan kami memungkinkan anda untuk posting, link, toko, berbagi dan sediakan informasi tertentu, teks, grafis, video, atau bahan lainnya ("Konten"). Anda bertanggung jawab atas Konten yang anda posting pada atau melalui Layanan, termasuk legalitas, keandalan, dan kesesuaian.

By posting Content on or through Service, You represent and warrant that: (i) Content is yours (you own it) and/or you have the right to use it and the right to grant us the rights and license as provided in these Terms, and (ii) that the posting of your Content on or through Service does not violate the privacy rights, publicity rights, copyrights, contract rights or any other rights of any person or entity. We reserve the right to terminate the account of anyone found to be infringing on a copyright.

You retain any and all of your rights to any Content you submit, post or display on or through Service and you are responsible for protecting those rights. We take no responsibility and assume no liability for Content you or any third party posts on or through Service. However, by posting Content using Service you grant us the right and license to use, modify, publicly perform, publicly display, reproduce, and distribute such Content on and through Service. You agree that this license includes the right for us to make your Content available to other users of Service, who may also use your Content subject to these Terms.

PETANI99 has the right but not the obligation to monitor and edit all Content provided by users.

In addition, Content found on or through this Service are the property of PETANI92 or used with permission. You may not distribute, modify, transmit, reuse, download, repost, copy, or use said Content, whether in whole or in part, for commercial purposes or for personal gain, without express advance written permission from us.

5. Dilarang Menggunakan

Anda dapat menggunakan Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan Ketentuan. Anda setuju untuk tidak menggunakan Layanan:

0.1. Dengan cara apapun yang melanggar hukum nasional atau hukum internasional atau peraturan.

0.2. Untuk tujuan mengeksploitasi, merusak, atau mencoba untuk mengeksploitasi atau membahayakan anak di bawah umur dengan cara apapun dengan mengekspos mereka untuk konten yang tidak pantas atau tidak.

0.3. Untuk mengirimkan, atau mendapatkan pengiriman, iklan atau materi promosi, termasuk "junk mail", "surat berantai," "spam," atau lainnya semacam ini.

0.4. Untuk meniru atau mencoba untuk meniru Perusahaan, karyawan Perusahaan, pengguna lain, atau setiap orang atau badan lain.

0.5. Dengan cara apapun yang melanggar hak-hak orang lain, atau dengan cara apapun adalah ilegal, mengancam, penipuan atau berbahaya, atau sehubungan dengan melanggar hukum, ilegal, penipuan atau berbahaya tujuan atau kegiatan.

0.6. Untuk terlibat dalam perilaku lain yang membatasi atau menghambat orang untuk menggunakan dan menikmati Layanan ini, atau kegiatan yang ditentukan oleh kami, mungkin menyakiti atau menyinggung Perusahaan atau pengguna Layanan atau mengekspos mereka untuk tanggung jawab.

Selain itu, anda setuju untuk tidak:

0.1. Menggunakan Layanan dengan cara apapun yang dapat melumpuhkan, membebani, kerusakan, atau mengganggu Layanan atau mengganggu pihak lain menggunakan Layanan ini, termasuk kemampuan mereka untuk terlibat dalam kegiatan waktu nyata melalui Layanan.

0.2. Menggunakan robot, spider, atau lainnya otomatis perangkat, proses, atau berarti untuk mengakses Layanan untuk tujuan apapun, termasuk memantau atau menyalin materi Layanan.

0.3. Menggunakan proses manual untuk memonitor atau menyalin materi Layanan atau untuk maksud yang tidak sah tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami.

0.4. Menggunakan perangkat, perangkat lunak, atau rutinitas yang mengganggu kerja yang tepat dari Layanan.

0.5. Memperkenalkan virus, trojan horse, worm, bom logika, atau bahan lain yang berbahaya atau teknologi berbahaya.

0.6. Upaya untuk mendapatkan akses tidak sah, mengganggu, merusak, atau mengganggu setiap bagian dari Layanan, server di mana Layanan ini disimpan, atau server apapun, komputer, atau database yang terhubung ke Layanan.

0.7. Serangan Layanan melalui serangan denial-of-service attack atau serangan distributed denial-of-service attack.

0.8. Mengambil tindakan apapun yang dapat merusak atau memalsukan rating Perusahaan.

0.9. Jika tidak, upaya untuk mengganggu kerja yang tepat dari Layanan.

6. Analytics

Kami dapat menggunakan Penyedia Layanan pihak ketiga untuk memantau dan menganalisis penggunaan Layanan kami.

7. Tidak Digunakan Oleh Anak Di Bawah Umur

Layanan ini hanya ditujukan untuk akses dan penggunaan oleh individu berusia minimal delapan belas (18) tahun. Dengan mengakses atau menggunakan Layanan, anda menjamin dan menyatakan bahwa anda berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan dengan penuh wewenang, hak, dan kapasitas untuk masuk ke dalam perjanjian ini dan untuk mematuhi semua syarat dan ketentuan dari syarat-Syarat. Jika anda tidak berusia minimal delapan belas (18) tahun, anda dilarang dari akses dan penggunaan Layanan.

8. Kekayaan Intelektual

Layanan dan asli konten (termasuk Konten yang disediakan oleh pengguna), fitur dan fungsi adalah dan akan tetap menjadi milik eksklusif PETANI92 dan pemegang lisensinya. Layanan ini dilindungi oleh hak cipta, merek dagang, dan hukum lainnya dan negara-negara asing. Merek dagang kami tidak dapat digunakan dalam hubungan dengan produk apapun atau layanan tanpa izin tertulis dari PETANI92.

9. Kebijakan Hak Cipta

Kami menghormati hak kekayaan intelektual orang lain. Ini adalah kebijakan kami untuk menanggapi klaim bahwa Konten yang diposting di Layanan yang melanggar hak cipta, atau hak kekayaan intelektual lainnya ("Pelanggaran") dari setiap orang atau entitas.

Jika anda adalah pemilik hak cipta, atau diberi kuasa atas nama satu, dan anda yakin bahwa hak cipta karya telah disalin dengan cara yang merupakan pelanggaran hak cipta, silakan kirim gugatan anda melalui email dengan baris subjek: "Pelanggaran hak Cipta" dan termasuk dalam klaim anda sebuah penjelasan rinci tentang dugaan Pelanggaran seperti yang dijelaskan di bawah ini, di bawah "DMCA Pemberitahuan dan Prosedur untuk Klaim Pelanggaran hak Cipta"

Anda mungkin akan bertanggung jawab atas kerusakan (termasuk biaya dan biaya pengacara) untuk keliru atau buruk-iman klaim atas pelanggaran setiap Konten yang ditemukan di dan/atau melalui Layanan hak cipta.

10. DMCA Pemberitahuan dan Prosedur untuk Klaim Pelanggaran hak Cipta

Anda dapat mengirimkan pemberitahuan yang sesuai dengan Digital Millennium Copyright Act (DMCA) dengan menyediakan kepada Agen hak Cipta kami dengan informasi berikut secara tertulis (lihat 17 U. S. C. 512(c)(3) untuk detail lebih lanjut):

0.1. tanda tangan elektronik atau fisik dari orang yang berwenang untuk bertindak atas nama pemilik hak cipta minat;

0.2. deskripsi dari karya berhak cipta yang anda klaim telah dilanggar, termasuk URL (yaitu, alamat halaman web) dari lokasi di mana karya cipta yang ada atau salinan dari karya cipta;

0.3. identifikasi URL atau lokasi tertentu lainnya di Layanan mana materi yang anda klaim melanggar;

0.4. anda alamat, nomor telepon, dan alamat email;

0.5. sebuah pernyataan oleh anda bahwa anda memiliki keyakinan dengan niat baik bahwa penggunaan dipersengketakan tidak diizinkan oleh pemilik hak cipta, agennya, atau hukum;

0.6. pernyataan anda, dibuat dibawah sumpah, bahwa informasi dalam pemberitahuan anda adalah akurat dan bahwa anda adalah pemilik hak cipta atau diberi kuasa untuk bertindak atas nama pemilik hak cipta.

Anda bisa menghubungi Agen hak Cipta kami melalui email di .

11. Kesalahan Pelaporan dan umpan Balik

Anda dapat memberikan kami baik secara langsung atau melalui situs-situs pihak ketiga dan sesuai dengan informasi dan umpan balik mengenai kesalahan, saran untuk perbaikan, ide-ide, masalah, keluhan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Layanan kami ("Feedback"). Anda mengakui dan setuju bahwa: (i) anda tidak akan mempertahankan, memperoleh atau menegaskan hak kekayaan intelektual atau hak lain, hak milik atau kepentingan dalam atau umpan Balik; (ii) Perusahaan mungkin memiliki ide-ide pengembangan yang sama untuk umpan Balik; (iii) umpan Balik tidak mengandung informasi rahasia atau hak milik informasi dari anda atau pihak ketiga; dan (iv) Perusahaan tidak berada di bawah kewajiban kerahasiaan sehubungan dengan umpan Balik. Dalam acara pengalihan kepemilikan untuk umpan Balik ini tidak mungkin karena hukum yang berlaku, anda memberikan Perusahaan dan afiliasinya eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, tidak dapat dibatalkan, bebas-of-charge, sub-licensable, tak terbatas dan abadi hak untuk menggunakan (termasuk menyalin, memodifikasi, membuat karya turunan, mempublikasikan, mendistribusikan dan mengkomersialkan) umpan Balik dalam cara apapun dan untuk tujuan apapun.

12. Link Ke Situs Web Lain

Layanan kami mungkin berisi link ke situs web pihak ketiga atau layanan yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh PETANI92.

PETANI92 tidak memiliki kontrol atas, dan tidak bertanggung jawab atas isi, kebijakan privasi, atau praktik dari setiap situs web pihak ketiga atau layanan. Kami tidak menjamin penawaran dari setiap entitas ini/individu atau situs web mereka.

Misalnya, diuraikan Ketentuan Penggunaan yang telah dibuat menggunakan Kebijakan.io , sebuah aplikasi web gratis untuk menghasilkan berkualitas tinggi dokumen-dokumen hukum. Kebijakan Syarat dan Kondisi generator adalah mudah-ke-menggunakan alat gratis untuk membuat sebuah standar yang sangat baik Ketentuan Layanan template untuk website, blog, e-commerce, atau aplikasi.

ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA PERUSAHAAN TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAU BERKEWAJIBAN, SECARA LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG, ATAS KERUSAKAN ATAU KEHILANGAN YANG DISEBABKAN ATAU DIDUGA DISEBABKAN OLEH ATAU BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETERGANTUNGAN PADA SETIAP KONTEN TERSEBUT, BARANG ATAU LAYANAN YANG TERSEDIA DI ATAU MELALUI SITUS SEPERTI SITUS WEB PIHAK KETIGA ATAU LAYANAN.

KAMI SANGAT MENYARANKAN ANDA UNTUK MEMBACA KETENTUAN LAYANAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI DARI SETIAP SITUS WEB PIHAK KETIGA ATAU LAYANAN YANG ANDA KUNJUNGI.

13. Disclaimer Garansi

LAYANAN INI DISEDIAKAN OLEH PERUSAHAAN PADA "SEBAGAIMANA ADANYA" DAN "SEBAGAIMANA TERSEDIA". PERUSAHAAN TIDAK MEMBUAT PERNYATAAN ATAU JAMINAN APAPUN, TERSURAT MAUPUN TERSIRAT, UNTUK PENGOPERASIAN LAYANAN, ATAU INFORMASI, KONTEN ATAU MATERI YANG DISERTAKAN DI DALAMNYA. ANDA SECARA TEGAS SETUJU BAHWA PENGGUNAAN ANDA ATAS LAYANAN, KONTEN, DAN SETIAP JASA ATAU BARANG-BARANG YANG DIPEROLEH DARI KAMI ADALAH SATU-SATUNYA RISIKO ANDA.

BAIK PERUSAHAAN MAUPUN SEMUA ORANG YANG TERKAIT DENGAN PERUSAHAAN MEMBUAT JAMINAN ATAU REPRESENTASI SEHUBUNGAN DENGAN KELENGKAPAN, KEAMANAN, KEANDALAN, KUALITAS, AKURASI, ATAU KETERSEDIAAN LAYANAN. TANPA MEMBATASI HAL TERSEBUT, BAIK PERUSAHAAN MAUPUN SIAPA PUN YANG TERKAIT DENGAN PERUSAHAAN YANG MEWAKILI ATAU MENJAMIN BAHWA LAYANAN, KONTEN, ATAU LAYANAN APA PUN ATAU BARANG-BARANG YANG DIPEROLEH MELALUI LAYANAN AKAN AKURAT, DAPAT DIANDALKAN, BEBAS KESALAHAN, ATAU TERGANGGU, BAHWA CACAT AKAN DIPERBAIKI, BAHWA LAYANAN ATAU SERVER YANG MEMBUATNYA TERSEDIA BEBAS DARI VIRUS ATAU KOMPONEN BERBAHAYA LAINNYA ATAU BAHWA LAYANAN ATAU JASA ATAU BARANG YANG DIPEROLEH MELALUI LAYANAN AKAN MEMENUHI KEBUTUHAN ANDA ATAU HARAPAN.

PERUSAHAAN DENGAN INI MENOLAK SEMUA JAMINAN APAPUN, BAIK TERSURAT ATAU TERSIRAT, HUKUM, ATAU LAINNYA, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA JAMINAN YANG DAPAT DIPERJUALBELIKAN, NON-PELANGGARAN, DAN KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU.

HAL TERSEBUT TIDAK MEMPENGARUHI JAMINAN YANG TIDAK DAPAT DIKECUALIKAN ATAU DIBATASI BERDASARKAN HUKUM YANG BERLAKU.

14. Pembatasan Tanggung Jawab

KECUALI DILARANG OLEH HUKUM, ANDA AKAN MENAHAN KAMI DAN PETUGAS, DIREKTUR, KARYAWAN DAN AGEN TIDAK BERBAHAYA UNTUK SETIAP KERUSAKAN TIDAK LANGSUNG, HUKUMAN, KHUSUS, INSIDENTAL, ATAU KONSEKUENSIAL KERUSAKAN, NAMUN HAL INI MUNCUL (TERMASUK BIAYA PENGACARA DAN SEMUA YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIAYA DAN BIAYA LITIGASI DAN ARBITRASE, ATAU PENGADILAN ATAU BANDING, JIKA ADA, APAKAH ATAU TIDAK LITIGASI ATAU ARBITRASE ADALAH DILEMBAGAKAN), BAIK DALAM TINDAKAN KONTRAK, KELALAIAN ATAU TINDAKAN MELAWAN HUKUM, ATAU YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PERJANJIAN INI, TERMASUK TANPA BATASAN KLAIM UNTUK CEDERA PRIBADI ATAU KERUSAKAN PROPERTI, YANG TIMBUL DARI PERJANJIAN INI DAN SETIAP PELANGGARAN ANDA DARI SETIAP FEDERAL, NEGARA BAGIAN, ATAU LOKAL-UNDANG, PERATURAN, ATURAN, ATAU PERATURAN YANG BERLAKU, BAHKAN JIKA PERUSAHAAN SEBELUMNYA TELAH DIBERITAHU TENTANG KEMUNGKINAN KERUSAKAN TERSEBUT. KECUALI DILARANG OLEH HUKUM, JIKA ADA KEWAJIBAN YANG DITEMUKAN PADA BAGIAN DARI PERUSAHAAN, MAKA AKAN TERBATAS PADA JUMLAH YANG DIBAYARKAN UNTUK PRODUK DAN/ATAU JASA, DAN DALAM KEADAAN APAPUN TIDAK AKAN ADA KONSEKUENSIAL ATAU HUKUMAN. BEBERAPA NEGARA BAGIAN TIDAK MENGIZINKAN PENGECUALIAN ATAU PEMBATASAN DARI HUKUMAN, INSIDENTAL ATAU KONSEKUENSIAL, SEHINGGA SEBELUM PEMBATASAN ATAU PENGECUALIAN DI ATAS MUNGKIN TIDAK BERLAKU UNTUK ANDA.

15. Penghentian

Kami dapat mengakhiri atau menangguhkan akun anda dan bar akses ke Layanan dengan segera, tanpa pemberitahuan atau kewajiban sebelumnya, dalam kebijakan tunggal kami, untuk alasan apapun dan tanpa pembatasan, termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran Ketentuan.

Jika anda ingin mengakhiri akun anda, anda hanya dapat berhenti menggunakan Layanan.

Semua ketentuan Persyaratan yang menurut sifatnya harus bertahan pemutusan akan tetap pemutusan, termasuk, tanpa batasan, ketentuan kepemilikan, penolakan garansi, ganti rugi dan batasan tanggung jawab.

16. Hukum Yang Mengatur

Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Indonesiayang mengatur hukum yang berlaku untuk perjanjian tanpa memperhatikan pertentangan ketentuan hukum.

Kegagalan kita untuk menerapkan hak atau ketentuan dari Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengabaian hak-hak tersebut. Jika ada ketentuan dari ketentuan ini dianggap tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan oleh pengadilan, dan ketentuan-ketentuan lainnya dari Ketentuan ini akan tetap berlaku. Ketentuan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara kami mengenai Layanan kami dan menggantikan setiap perjanjian sebelumnya kita mungkin telah di antara kami mengenai Layanan.

17. Perubahan Layanan

Kami berhak untuk menarik atau mengubah Layanan kami, dan setiap layanan atau materi yang kami sediakan melalui Layanan kami, dalam kebijakannya sendiri tanpa pemberitahuan. Kami tidak akan bertanggung jawab jika karena alasan apapun semua atau setiap bagian dari Layanan ini tidak tersedia setiap saat atau untuk setiap periode. Dari waktu ke waktu, kami dapat membatasi akses ke beberapa bagian dari Layanan, atau seluruh Layanan kepada pengguna, termasuk pengguna terdaftar.

18. Amandemen Terhadap Ketentuan

Kami mungkin mengubah Hal ini setiap waktu dengan posting perubahan tersebut di situs ini. Ini adalah tanggung jawab anda untuk meninjau Ketentuan ini secara berkala.

Jika anda terus menggunakan Platform mengikuti posting Syarat direvisi berarti bahwa anda menerima dan setuju untuk perubahan. Anda diharapkan untuk memeriksa halaman ini sering sehingga anda menyadari setiap perubahan, karena mereka mengikat anda.

Dengan terus mengakses atau menggunakan Layanan kami setelah revisi menjadi efektif, anda setuju untuk terikat oleh persyaratan yang telah direvisi. Jika anda tidak setuju dengan persyaratan baru, anda tidak lagi berwenang untuk menggunakan Layanan.

19. Pengabaian Dan Keterpisahan

Tidak ada pengabaian oleh Perusahaan dari setiap istilah atau kondisi yang diatur dalam Ketentuan ini akan dianggap sebagai pengabaian lebih lanjut atau melanjutkan seperti istilah atau kondisi atau pengabaian terhadap setiap istilah atau kondisi, dan setiap kegagalan Perusahaan untuk menegaskan hak atau ketentuan dalam Ketentuan tidak dapat diartikan sebagai diabaikannya hak atau ketentuan tersebut.

Jika ada ketentuan dari Ketentuan ini diadakan oleh pengadilan atau pengadilan yang berwenang untuk menjadi tidak sah, ilegal atau tidak dapat dilaksanakan karena alasan apapun, ketentuan tersebut harus dihilangkan atau dibatasi sampai batas minimum sehingga ketentuan-ketentuan dari syarat-Syarat ini akan berlanjut dengan kekuatan penuh dan efek.

20. Pengakuan

DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU LAYANAN LAIN YANG DISEDIAKAN OLEH KAMI, ANDA MENGAKUI BAHWA ANDA TELAH MEMBACA KETENTUAN LAYANAN INI DAN SETUJU UNTUK TERIKAT OLEH MEREKA.

21. Hubungi Kami

Silakan kirim umpan balik anda, komentar, permintaan untuk dukungan teknis melalui email: .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat dan Mengatur Ancak Panen

Ancak panen (kapveld) adalah pembagian areal panen atau ancak panen harian yang dipanen pada hari-hari tertentu yang disesuaikan berdasarkan rotasi panen. Berikut contoh kapveld panen yang lebih luas dengan blok yang lebih banyak : Contoh Kapveld Panen Ancak panen diatur sedemikian rupa supaya saling berhubungan satu dengan lainnya, sehingga ancak panen terakhir akan bersambungan dengan yang pertama. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengawasan, mengetahui ancak yang tidak selesai dipanen dan pengangkutan hasil. Oleh karena itu ancak panen disusun memanjang sedemikian rupa mengikuti jalan transportasi. Pembagian ancak panen dilakukan sebagai berikut : Rotasi Panen Pembagian Ancak Panen 4/5 atau 4/6 4 ancak panen 5/7 5 ancak panen 6/8 6 ancak panen 7/9 7 ancak panen 8/10 8 ancak panen 9/11 9 ancak panen Ancak panen perlu diberikan penomoran agar pemanen disiplin menjaga dan merawat ancaknya masing-masing selain itu mempermudah pengawasan terhadap a

Pembuatan dan Pemasangan Titi Panen

Setelah Pembuatan Jalur Panen, hal lain yang juga perlu segera dipenuhi sebagai bagian dari persiapan panen adalah titi panen. Seperti pada jalan panen pemasangan titi panen juga sudah mulai dari TBM 1 (rasio 8 : 1) dan TBM 2 (rasio 4 : 1), maka titi panen juga harus tersedia menjelang permulaan panen. Selain dari beton dapat juga dibuat daripada kayu mutu baik ukuran (l x t) = 20 cm x 5 – 10 cm. Pemasangan titi panen umumnya menggunakan rasio 2 : 1 (2 pasar pikul 1 titi panen).  Pembuatan Titi Panen Beton 1) Pembuatan titi panen beton ukuran panjang ≤ 3 m sebaiknya dipusatkan pada satu tempat (misalnya traksi). Titi panen beton ukuran ≤ 3 m tersebut bentuknya rata (seperti papan dengan lebar 20 cm dan tebal 8-10 cm) 2) Untuk titi panen beton ukuran > 4 m sebaiknya dibuat di tempat – in situ(dicor di lokasi titi panen tersebut akan dipasang). 3) Titi panen ukuran > 4 m harus memakai konstruksi “T” atau “U“ terbalik Pemasangan Titi Panen Teknis pemasangan apa

Tugas Kerani Panen (Checker)

Kerani panen mempunyai tugas dan kewajiban terhadap panen sebagai berikut : 1. Memeriksa dan menghitung setiap TBS yang sudah diletakan di TPH, mencakup jumlah dan kualitas buah. Buah dicatat pada “buku penerimaan buah” dan tidak diperkenankan dicatat pada buku lainnya. 2. Semua TBS diperiksa dan setiap buah mentah ditulis, buah mentah harus didenda tetapi tetap dihitung sebagai pendapatan. Pemeriksaan TPH Asisten Kepala, Mandor & Kerani Panen 3. Kerani panen hanya boleh menerima TBS yang sudah disusun di TPH yang resmi (ada nomor TPH-nya). Sedangkan buah yang diletakan ditepi jalan (bukan TPH), TPH liar atau disembarang tempat tidak boleh dihitung sebagai pendapatan pemanen. Pemberian sangsi dimaksudkan untuk mendisiplinkan pemanen. 4. Setiap hari mengisi buku notes potong buah setelah kerja panen selesai. 5. Setiap hari mengecek buah restan dan melaporkannya kepada Kepala Mandor atau Kepala Afdeling. 6. Setiap hari mengisi Laporan Poto